MATERI PELAJARAN TIK KELAS 9 SEMESTER 1

MATERI PELAJARAN TIK KELAS 9 SEMESTER 1

Standart kompetensi : Memahami dasar – dasar Penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar : 1.1. menjelaskan pengertian dasar – dasar internet/intranet
Indicator : 1. Menjelaskan pengertian internet
2. menjelaskan pengertian intranet



Pengertian Internet 


Perkembangan Internet (interconection network)
Internet berkembang dari penelitian militer Amerika serikat ARPAnet (Advanced Research project Agency Network). Proyek ini menghubungkan pusat – pusat penelitian departemen pertahanan dengan pusat penelitian universitas universitas Amerika Serikat.
Internet mulai dikenal umum pada tahun 1970 an kemudian mulai berkembang pesat tahun 1990 dan makin populer tahun 1995 dengan ditandai bertambahnya domain komersial secara pesat dan munculnya jaringan world wide web (www).
Di Indonesia Internet mulai berkembang tahun 1983 oleh Dr. Joseph F.P Luhukay di universitas Indonesia berupa UINet. Jaringan ini dikembangkan pada lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaanyaitu menghubungkan jaringan komputer dengan jangkauan luas di Indonesia terutama komputer di perguruan tinggi.
Saat ini perkembangan internet sungguh sangat cepat tidak saja menjangkau perguruan tinggi di Indonesia tetapi juga sampai instansi pemerintah tingkat pusat sampai daerah, kantor perusahaan bahkan disekolah sekolah menengah dan dasar. Saat ini pemerintah terutama Diknas gencar mensosialisasikan internet sampai ke pedesaan. Karena internet dipandang sebagai sarana informasi yang cepat dan jangkauan luas disampaing televisi dan radio.

Pengertian internet
Internet adalah sistem jaringan yang menghubungkan komputer – komputer di seluruh dunia. Setiap komputer terhubung secara langsung tau tidak langsung ke beberapa jaringan utama yang disebut backbone dan dibedakan satu sama lain dengan menggunakan IP (internet protokol).
Pengertian Intranet
Merupakan sebuah sistem jaringan yang menggunakan teknologi seperti internet, namun dengan skala yang lebih kecil. Biasanya intranet digunakan di sekolah, universitas dan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar