MATERI PELAJARAN KELAS 7 SEJARAH ALAT HITUNG

MATERI PELAJARAN KELAS 7 SEJARAH ALAT HITUNG


          Sekitar 1800 tahun yang lalu,ditemukan alat hitung sederhana  yang disebut dengan sempoa   (abacus).Sempoa paling tua ditemukan di mesopotamia di Pulau Salamis dan Hiroglif Fir’aun di Mesir. Abacus ini merupakan cikal bakal lahirnya komputer. Sempoa saat ini masih digunakan dalam perhitungan cepat dalam perdagangan. Inti kerja sempoa adalah menaikkan dan menurunkan biji-bijinya dengan jari.Setelah ditemukannya sempoa,alat hitung pun berkembang dengan ditemukannya tulang-tulang Napier(Napier’s Bones).Dengan menggunkannya,kita dapat melakukan perhitungan Logaritma.

SEMPOA

Sempoa atau sipoa atau dekak-dekak adalah alat kuno untuk berhitung yang dibuat dari rangka kayu dengan sederetan poros berisimanik-manik yang bisa digeser-geserkan. Sempoa digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahanpengurangan,perkalianpembagian dan akar kuadrat.
Sempoa telah digunakan berabad-abad sebelum dikenalnya sistem bilangan Hindu Arab dan sampai sekarang masih digunakan pedagang di berbagai belahan dunia seperti di Tiongkok.
Sempoa sering digunakan sebagai alat hitung bagi tuna netra karena manik-manik pada sempoa dapat dengan mudah dirasakan dengan jari-jari. Sehelai kain lembut atau selembar karet biasanya diletakkan dibawah sempoa untuk mencegah manik-manik bergerak secara tidak sengaja.

0 komentar:

Poskan Komentar